Senin, 17 Mei 2010

DASAR BERGANDA (DOUBLE BOTTOM)

Dasar berganda dibagi secara membujur dan melintang agar penaruh permukaan bebas (free surface effect) dari pada cairan-cairan balas ,bahan bakar ,air tawar dan lain-lain,yang slack,menjadi sekecil mungkin . Kalau didalam dasar berganda tadi diisi dengan dua jenis cairan yang berbeda seperti air ahan bakar misalnya,maka masing-masing tadi dibatasi dengan wrang (floor) tertutup.
Dengan demikian terciptalah sebuah ruangan diantara kedua wrang tadi yang diebut COFFERDAM.
Guna daripada dasar berganda :
• Bila kapal kandas atau bocor ,masih ada dasar yang kedap air.
• Sebagai ruang muat barang cair ,air tawar ,ballast ,bahan bakar dan lain sebagainya.
• Dengan air balas dapat membantu mengatur stabilitet trim dan serta kemudi dapat bekerja dengan baik.
• Menambah kekuatan melintang pada kapal.
Bagian –bagian yang membatasi dasar berganda :
• Kulit kapal .
• Pelat atau lempeng samping (margin plate).
• Sekat pelangaran (sekat kedap air depan)
• Lajur dasar dalam (tank top plating)
• Sekat keap air belakang (after peak bulkhead)
Konstruksi dasar berganda :
1. System kerangka melintang .
- Dengan wrang penuh
- Dengan wramg terbuka
2. System kerangka membujur.
- Dengan wrang penuh.
- Dengan wrang tertutup.


Wrang atau floor
3. Ada taga macam:
- Wrang penuh
- Wrang terbuka
- Wrang tertutup
A. wrang penuh :
wrang penuh terdapat :
- dibawah tiap gading kamar mesin.
- Dibawah kursi ketel
- Dibawh sekat kedap air.pada tiap gading di 1/4 panjang kapal.
- Di tempat diperbolehkan wrang terbuka dengan jarak tidak lebih dari 10 kaki.
- Pada bagian buritan -propeler-kemudi dan lain –lain.
B. Wrang terbuka: terdapat di tempat yang tak memerlukan perkuatan.
C. Wrang ter tutup: wrang tertutup terdapat pada pemisahan tanki-tanki.Kalau ter dapat di dua tanki dari cairan yang sejenis ,dengan satu wrang tertutup.Kalau terdapat diantara dua buah tanki dari cairan yang tak sejenis ,dengan dua buah wrang tertutup.

Gading-gading (frames)

Gading-gading gunanya untuk memperkuat badan kapal secara membujur ,sekaligus tempat menempelnya kulit kapal . gading –gading diberi tanda atau nomor dengan angka dari belakang depan ,di mulai dari bidang tegak belakang . Bidang tegak belakang biasanya diambil pada linggi kemudi.(rudder at stock)sebagai gading 0 (nol).Gading sebelahdepan gading nol tanda nya positif (+),dan gading-gading sebelah belakang gading nol tandanya negatif (-),atau boleh juga diberi tanda dengan huruf –huruf kecil seperti a,b,c dan seterus nya.Gading- gading di belakang gading nol disebut gantung (transom frame)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar