Sabtu, 27 Februari 2010

PENGERTIAN KALOR,SUHU DAN PERUBAHAN WUJUD SUATU ZAT

Kalor merupakan suatu bentuk energi yang besarannya dapat diukur menggunakan suatu pengukur suhu atau suatu bentuk energi yang dipindahkan melalui perbedaan suhu.
  • Kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi kebenda bersuhu rendah
  • Benda yang menerima kalor suhunya akan naik atau wujudnya berubah
  • Benda yang melepas kalor suhunya akan turun atau wujud benda berubah

Terdapat 4 jenis satuan suhu yang dipakai di seluruh dunia,diantaranya:

  1. Celcius
  2. Reamur
  3. Farenheit,dan
  4. Kelvin.

Satuan Internasional untuk satuan suhu adalah Kelvin.


Suhu sendiri merupakan suatu pengukuran yang digunakan untuk menunjukan seberapa banyak energi panas yang ada pada suatu tempat. Ingat !! yang diukur adalah seberapa panas tempat tersebut bukannya seberapa dingin. Panas dapat diukur tetapi dingin tidak dapat diukur !!


Sebagaimana halnya Energi pada umumnya, maka energi kalor atau energi panas dapat berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lain. Contohnya terjadi pada pembangkit listrik tenaga panas bumi, yang mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Dengan energi kalor kita bahkan dapat mengubah wujud suatu zat. Seperti contohnya, lilin yang dipanasi lama kelamaan akan meleleh, hal ini berarti panas mengubah wujud lilin yang tadinya padat menjadi cair.Contoh lain terjadi ketika kita merebus air, jika air kita panaskan secara terus menerus maka lama kelamaan air akan menguap menjadi uap air, hal ini mengubah bentuk air yang berbentuk cairan menjadi uap air yang berbentuk gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar